RSS

Internet, apa sih ?

Internet, sebuah kata yang sudah sanagt familiar ditelinga kita. Dari yang muda sampai yang tua, dari anak kota sampai anak desa pun sudah mengetahui intenet. Sebenarnya apakah inter net itu ? menurut id.wikipedia.org internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)

Lalu adakah manfaatnya / dampak positifnya untuk kita ? tentu saja ada. Pertama, sangat mudah bagi kita untuk mencari berbagai macam informasi dari seluruh dunia. Kedua kita dapat terhubung / berkomunikasi dengan keluarga / teman / sahabat meski dari jarak yang sangat jauh sekalipun (luar negri). Kemudian kita juga dapat mengenal teman baru melalui berbagai macam jejaring sosail seperti friendster, facebook, twitter, plurk, dan lain lain. Apa hanya itu saja ? tentu saja tidak. Kita juga bisa mendapatkan sebuah file yang kita cari (download) ataupun menaruh file yang kita inginkan supaya dapat berguna bagi orang lain (upload). Lalu anda juga dapat menaruh iklan didalamnya.

Jika ada dampak positif, pasti juga ada dampak negatifnya dong ? tentu ada. Dampak negative terjadi karena kesalahan dalam penggunaan internet itu sendiri. Lalu seperti apa kesalahan yang dimaksud. Baik yang pertama adalah kesalahan dalam suatu informasi atau bahkan penipuan. Kemudian penyebaran pornografi, dan juga bagi pengguna akses via handphone / PC / notebook / netbook / lain, intenet juga dapat menjadi sarana penyebaran sebuah virus. Hal hal seperti ini sudah biasa dilingkup internet, tinggal bagaimana kita (user) dalam menggunakan internet itu sendiri



0 komentar: