RSS

Arus Mudik Untungkan Pedagang

Pantura (Pantai Utara) merupakan jalur yang sangat diminati oleh para pemudik. Selain medan jalannya tidak terlalu berat seperti jalur selatan, pantura juga memiliki banyak pos-pos istirahat bagi pemudik. Saking diminatinya jalur ini, kendaraan beroda-2 pun ikut meramaikan jalur ini. sampai-sampai keluarga saya sampai jogja (kampung halaman) menempuh waktu kurang lebih 32 jam.



Gambar : Pengemudi kendaraan beroda 4


Gambar : Pengemudi kendaraan beroda 2

Padatnya jalur pantura ini, sangat dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mengais rezeki. apa lagi untuk pendapatan tambahan di hari lebaran. Apa lagi pedagang minuman, cuaca pantura disiang hari yang panas dan padatnya lalulintas membuat para pemudik pun cepat haus. menurut salah satu pedagang dadakan yang saya baca disini bahwa ia bisa mendapatkan keuntungan ratusan ribu rupiah dalam satu hari hanya dengan berjualan makanan dan minuman dingin. Meskipun hanya setahun sekali, namun kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pedagang dadakan warga pantura.Dan keberadaan mereka pun sangat menguntungkan para pemudik. Belum lagi warung-warung makanan yang berada disepanjang jalan pantura.Meski di hari menjelang lebaran harga makanannya naik drastis, namun tempat tersebut sangat bermanfaat sekali sebagai tempat istirahat para pemudik.


2 komentar:

Missa mengatakan...

pengalaman pribadi ya? sippppp.... kamu sebenarnya masih bisa mengupdate, dengan menganalisa lebih lanjut sebelum memutuskan kl para pedagang mendapat keuntungan besar... misalnya melakukan tanya jawab, benarkah mrk untung? dan misalkan memberi contoh, di hari biasa dan di saat mudik, apakah harga minuman dan makanan itu naik?... coba n update terus ya.... meski tidak ada tugas... ;)

_naga cuiLik_ mengatakan...

baik bu, terimakasih atas semua masukan yang telah ibu berikan. makasih yah bu^^