RSS

Perkembangan Web Science

Jika kita berbicara tentang perkembangan teknologi, hal pertama yang ada dikepala kita adalah kemajuan menuju era digitalisme, sama halnya pada perkembangan Web Science. Perkembangan Web Science sangat pesat sekali dari mulai Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. Dari mulai yang belum canggih hingga sekarang yang sudah memakai serat optic. Dengan perkembangannya ini sangat membantu pengguna yang ingin mencari informasi lewat media web (internet). Lalu apa perbedaan perkembangannya dari 1.0, 2.0 dan 3.0 ?


Tenang akan saya jelaskan, jadi pada Web 1.0 itu sifatnya masih read-only. Jadi isi dari web hanya dapat dibaca oleh penggunanya. atau kata lain hanya bisa dilihat saja tidak bisa dilakukan apa-apa dan tanpa ada interaksi sedikitpun antara pengguna dan web tersebut.

Kemudian pada Web 2.0 mulai ke arah read-write. Jadi maksudnya adalah web tersebut sudah mulai bisa dimodifikasi, seperti bisa di tulis dan bisa dibaca. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi pada Web 2.0 ini terjadi kendala yaitu penanganan untuk pertukaran data masih sulit.

Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.


mungkin baru sedikit yang bsia saya uraikan, saya mohon maaf atas segala kekurangannya
terimakasih

0 komentar: