RSS

Membangun Web

Kemampuan untuk membuat web sendiri atau blog merupakan keinginan yang ingin cepat cepat terwujud ketika kita sudah mulai mengerti menjelajahi dunia maya dalam mencari informasi. Bisa memberikan informasi yang kita punya, bisa mendapatkan masukan dari orang luar sana, bahkan bisa jadi lahan bisnis. keinginan memang selalu ada dalam benak masyarakat , namun bingung untuk memulainya bagaimana ?


Dalam membuat web ada 2 cara yaitu :
  1. Dengan menggunakan jasa web hosting
  2. Tanpa menggunakan jasa web hosting

Sebelum kita masuk kedalam penjelasan mengenai kedua point diatas ada baiknya jika kita mengetahui "Apa sih yang dimaksud dengan web hosting ?". Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. (Wikipedia)


Dengan menggunakan jasa web hosting kita tidak perlu pusing lagi untuk masalah security dari sisi server. karena sudah dijamin keamanannya namun yang harus dipikirkan adalah security dari coding web application kita dan satu lagi yang dibutuhkan adalah uang tentunya.

Kemudian ada juga yang lebih memilih untuk tidak menggunakan jasa web hosting. lalu apa yang menjadi alasan mereka tidak menggunakan web hosting ?. tentunya adalah untuk menghemat biaya hahahaha, selain itu juga untuk kemandirian dan fleksibelitas

lalu bahasa pemrograman apa saja yang bisa pilih untuk membangun web ?
ada banyak sekali diantaranya seperti HTML, DHTML, XML, XHTML, PHP, CGI, PERL, ColdFusion, ASP, JHTML, dan masih banyak lagi. lalu apa saja bahasa pemrograman untuk membangun database dalam web ? anda bisa menggunakan MySQL, PostgreSQL, Accses, Oracle, dan lain lain

0 komentar: