RSS

Komputasi dan Parallel Processing

Pada kesempatan kali ini saya akan mnejelaskan mengenai Komputasi dan Paralel Processing. sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai Komputasi. Pertanyaan yang paling mendasar pada benak anda pastilah apakah itu komputasi ? yah secara umum komputasi itu sendiri adalah suatu cara menemukan pemecahan masalah dengan suatu algoritma tertentu. Awalnya komputasi ini dilakukan dengan cara manual yakni dengan kertas dan pena tentunya, namun semakin berkembangnya teknologi, maka sudah digunakannyta komputer untuk mempercepat proses perhitungannya (http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi).


Selanjutnya adalah  pemrosesan paralel, yaitu mengkomputasi dua atau lebih task pada waktu yang bersamaan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu dengan cara mengoptimalkan resource yang ada (dalam hal ini sistem komputer) untuk mencapai tujuan yang sama. Performa dalam pemrosesan paralel diukur dari berapa banyak peningkatan kecepatan (speed up) yang diperoleh dalam menggunakan teknik paralel. Secara informal, bila anda memotong bawang sendirian membutuhkan waktu 1 jam dan dengan bantuan teman, berdua anda bisa melakukannya dalam 1/2 jam maka anda memperoleh peningkatan kecepatan sebanyak 2 kali. (http://www.gudangmateri.com/2009/12/pemrosesan-paralel.html)


Ada 4 model komputasi yang digunakan pada suatu proses ini diantaranya :
  1. SISD
  2. SIMD
  3. MISD
  4. MIMD
SISD (Single Instruction Single Data )  model hanya digunakan 1 processor saja. Oleh karena itu model ini bisa dikatakan sebagai model untuk komputasi tunggal. Sedangkan ketiga model lainnya merupakan komputasi paralel yang menggunakan beberapa processor.

SIMD (Single Instruction Multiple Data)  menggunakan banyak processor dengan instruksi yang sama, namun setiap processor mengolah data yang berbeda.


MISD (Multiple Instruction Single Data) menggunakan banyak processor dengan setiap processor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama. Hal ini merupakan kebalikan dari model SIMD.

MIMD (Multiple Instruction Multiple Data) menggunakan banyak processor dengan setiap processor memiliki instruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda ( http://bagusonthespot.blogspot.com/2012/04/parallel-processing.html )

Setelah berbicara mengenai komputasi dan parallel processing, lalu apa hubungan dari keduanya ? sebenarnya jika pembaca mentelah dari atas jawabannya sudah jelas, komputasi mencari cara menyelesaikan masalah dengan algoritma menggunakan satu CPU saja, di era modernisasi ini, komputasi modern pun sudah menggunakan parallel processing untuk meningkatkan keefisiensian waktu terutama.

Komentar : Jadi Parallel Processing merupakan suatu cara pemrosessan yang sangat tepat dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu mengingat eifisiensi waktu yang dapat dipercepat hingga 0,5x nya. Namun harus diingat bahwa parallel processing digunakan untuk Komputasi yang berat saja, jika sifat tasknya ringan maka dia akan menggunakan single processing saja seperti SISD, mengingat dibutuhkannya sumberdaya yang lebih dalam menggunakan parallel processing.

1 komentar:

Hana Pertiwi mengatakan...

Aku juga ada reviewnya nih..
Komputasi Modern
Semoga bermanfaat yaa