

oke yang pertama kita mulai dari definisi, apa itu e-commerce ? e-commerce atau e-dagang (dalam bahasa indonesia) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis (wikipedia). jadi e-commerce merupakan perdagangan barang / jasa yang melibatkan sistem elektronik dalam penjulan ataupun transaksinya
selanjutnya kita masuk kedalam perbedaan dengan bisnis lainnya. hal ini terlihat jelas dari cara pemasarnnya, karena e-commerce ini berarti menjual / membeli secara elektronik dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet.
kemudian kita masuk kedalam segi kemanan e-commerce itu sendiri. keamanan itu sendiri bisa dilihat dari 2 sisi, yang pertama dari sisi keamanan orangnya dan yang kedua adalah sisi keamanan internetnya. yang pertama adalah sisi keamanan orangnya yang merupakan kebutuhan dasar untuk perlindungan orang - orang yang terlibat e-commerce adalah
- kepercayaan
- otentikasi
- otorisasi
- jaminan
- kepribadian
dan dalam sisi yang kedua yaitu sisi internetnya kita harus mengetahui beberapa faktor yang harus dipahami
- algoritma kriptografi
- enkripsi
- keamanan untuk aplikasi web
- keamanan untuk email
- keamanan untuk jaringan
pada e-commerce tidak ditentukan ataupun kriteria tertentu mengenai barang yang dijual, semua barang bebas dijual (selama tidak terlibat melanggar hukum). sekarang tinggal para produser yang pintar pintar mencari trend barang yang sedang diminati oleh para konsumen. biasanya barang yang sedang dicari seperti tas, baju, gadget, aksesoris dan lain lain.
0 komentar:
Posting Komentar