RSS

Komputasi Modern

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai komputasi modern, pada post sebelumnya sudah dibahas penerapan komputasi modern dan bidang bidang yang terkait. Lalu apa definisi tersendiri dari komputasi modern ?

Sebelum masuk ke komputasi modern, kita akan sedikit berbicara mengenai apa itu komputasi. Komputasi dapat kita artikan sebagai uatu cara pemecahan masalah dengan menggunakan algoritma dari data-data yang diinput. Teori komputasi ini merupakan suatu bagian dari ilmu komputer dan matematika. Tetapi sekarang lebih banyak digunakan dengan komputer tanpa mengurangi fungsi-fungsi dari perhitungan matematika yang digunakan.

Jadi komputasi modern itu sendiri merupakan pengembangan dari ilmu komputasi yang digunakan untuk melakukan proses pemecahan masalah dengan menggunakan algoritma yang memecahkan masalah dari data-data yang dimasukkan atau diinput. Merupakan sub-bab dari ilmu komputer dan matematika, tetapi lebih banyak penerapannya di dunia komputer. Pencetus komputasi modern itu sendiri adalah John Von Neumann yang pada awalnya lebih dikenal dengan arsitektur komputer modern.



Gambar John Von Neumann

Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai komputasi modern, ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana sejarahnya. Komputasi modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Adapun beberapa karya yang telah ia lahirkan antara lain : bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.

Setelah mengetahui definisi dan sejarah, saya akan membahas mengenai macam macam komputasi modern. Komputasi modern dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
  1. Komputasi Mobile
  2. Komputasi Grid
  3. Komputasi Cloud
Komputasi Mobile merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Sehingga dapat dipastikan untuk kemajuan kearah yang lebih dinamis yang membutuhkan perubahan dari alat hingga manusia. Misalnya GPS, smartphone dan banyak lagi yang lainnya.


Komputasi Grid yaitu menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

Komputasi Cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.


Jadi menurut saya komputasi modern ini merupakan suatu langkah awal yang sangat tepat untuk menyelesaikan masalah khususnya diera globalisasi seperti ini.  Bayangkan bila kita harus menghitung secara manual untuk suatu masalah tertentu, selain membutuhkan waktu yang lama hal tersebut juga tidak lepas dari kesalahan saat proses perhitungan atau yang sering disebut dengan human error.

Dengan adanya komputasi modern ini, kita dapat mengembangkan teknologi-teknologi yang awalnya seperti mimpi, namun lambat atau cepat hal ini terwujud. Lihat saja teknologi smartphone, yang dulunya merupakan barang "wah" yang hanya digunakan beberapa kalangan saja namun nyatanya sekarang smartphone sudah menjamur diberbagai belahan dunia. 

Komputasi modern saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat global sebagai penunjang untuk aktifitas mereka. 

sumber : http://justshareinfo.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern.html 

0 komentar: